Sertifikasi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL)

Sertifikasi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL)

Untuk dapat menangani pengelolaan limbah yang benar, setiap industri memerlukan Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Limbah (POPAL).

Semua industri baik skala kecil, menengah, maupun besar yang menghasilkan limbah harus memiliki IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah yang benar. Dari segi teknis maupun operasional, unit pengelolaan air limbah ini sangat kompleks dan rumit. Tidak semua orang bisa melakukannya. Karena itu, dibutuhkan dukungan SDM yang kompeten melalui proses sertifikasi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL).

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan Anda sebaiknya memiliki Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) yang tersertifikasi, yakni:

  • Cara kerja yang rumit. Cara kerja pengolahan air limbah meliputi sistem yang rumit dan secara kualitas dan kuantitas juga sangat fluktuatif.
  • Proses kerja terbatas akibat perangkat dan rentang fleksibilitas dari unit yang digunakan.
  • Hasil akhir atau output harus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Aturan tentang output IPAL telah diatur oleh Undang-undangan No. 32 tahun 2009 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dengan berbagai persyaratan yang rumit ini, petugas yang bersangkutan wajib memiliki pengetahuan baik dari segi kompetensi pengelolaan unit, manajemen, hingga standar baku air limbah yang boleh dibuang ke lingkungan. Melalui pelatihan yang komprehensif, calon petugas bisa mendapatkan bekal yang mumpuni agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik di lapangan.

 

Siapa Saja yang Sebaiknya Mengikuti Sertifikasi Ini?

Adapun tenaga yang sebaiknya memiliki pengetahuan dan kompetensi terkait pengolahan limbah antara lain adalah:

  • Process Engineer yang bertugas mengelola atau melaksanakan sistem pengelolaan limbah di sebuah perusahaan atau instansi
  • Departemen K3 dan Lingkungan
  • Pihak-pihak yang terlibat dalam proses pelaksanaan sanitasi, pengawasan lingkungan baik dari pemerintah ataupun swasta.

Sertifikasi juga terbuka bagi siapa saja yang memiliki kepedulian serta ingin ikut melestarikan lingkungan sekitar agar terbebas dari pencemaran limbah.

 

Apa Tujuan dari Kegiatan Sertifikasi Penanggungjawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL)?

Sertifikasi bertujuan untuk memberikan bekal kepada peserta berupa:

  • Pemahaman yang mendalam mengenai aturan dan undang-undangan yang berhubungan dengan pengelolaan limbah
  • Meningkatkan pemahaman terhadap karakteristik limbah dari setiap sektor
  • Meningkatkan pemahaman mengenai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola sampah cair sisa industri maupun domestik. Teknologi yang dimaksud termasuk teknologi fisika, biologi, maupun kimia
  • Memberikan kompetensi sehingga peserta mampu mengelola air limbah dengan baik sekaligus melakukan perawatan instalasinya
  • Memberikan pemahaman terkait aspek K3 dalam proses pengelolaan limbah.

 

Sertifikasi POPAL Bersama Mutu Institute

Untuk bisa mendapatkan sertifikat, Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) dapat mengikuti pelatihan. Salah satu lembaga tepercaya yang bisa Anda pilih adalah Mutu Institute. Memiliki pengalaman selama bertahun-tahun, Mutu Institute menyediakan beragam pilihan pelatihan termasuk yang berkaitan dengan pengelolaan limbah.

Training akan dilakukan selama dua hari disusul dengan sertifikasi keesokan harinya. Dengan biaya pelatihan yang terjangkau, peserta akan mendapatkan beragam fasilitas termasuk e-certificate. Selama pandemi, pelatihan dilakukan secara live streaming via Zoom.

Untuk mengikuti pelatihan, calon peserta disyaratkan memiliki tingkat pendidikan terendah D-3 dengan konsentrasi di bidang Ilmu Lingkungan ditambah pengalaman kerja selama minimal satu tahun di bidang pengelolaan IPAL. Bagi alumni D-3 yang tidak berasal dari jurusan Ilmu Lingkungan, disyaratkan untuk memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang pengelolaan IPAL. Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengikuti sertifikasi Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) bersama Mutu Institute.

 

Mau mengikuti pelatihan POPAL dari Mutu Institute? Hubungi kami di: Hotline: 0819-1880-0007 Email: info@mutuinstitute.com

Leave a Comment