Inilah 5 Sektor Terfavorit Investasi Asing di Indonesia

Inilah 5 Sektor Terfavorit Investasi Asing di Indonesia

Sektor terfavorit investasi asing – Singapura, Jepang dan Cina menjadi 3 (tiga) besar negara yang turut andil dalam penanaman modal di Indonesia. Nominalnya secara berurutan adalah 24%, 17% dan 16% investasi yang ditanamkan dalam kurun waktu 2019 lalu. Meskipun menjadi pemodal aktif, ke 3 (tiga) negara tersebut memiliki karakteristik yang berbeda baik dari segi tenaga kerja, pemilihan sektor, dan masih banyak lainnya.

Kami akan memberikan penjelasan, sektor mana saja yang menjadi sasaran strategis dari para investor asing tersebut. Data yang kami dapatkan merupakan hasil rangkuman dari data yang ditampilkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM selama periode 2019, berikut 5 sektor terfavorit investasi asing di Indonesia:

Baca juga: Prosedur terbaru pendirian PT PMA Indonesia

1. Listrik, Gas dan Air 

Kisaran total dana PMA yang mengalir untuk sektor ini mencapai angka 4366,8 Juta USD, dimana peluang proyek yang diciptakan sebanyak 810 proyek dan masih tergolong rendah dibandingkan sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran.

Pada kuartal pertama dan kedua, sektor ini menduduki urutan pertama dalam perolehan nilai investasi terbesar mengalahkan bidang lainnya, namun melemah ketika memasuki kuartal ketiga pada akhir tahun 2019. Hal yang sama terjadi pada tahun sebelumnya, dimana Listrik, Gas dan Air juga menjadi primadona dengan pencapaian penanaman modal asing hingga 15% dari total keseluruhan.

 

2. Industri Logam Dasar, Barang Logam, Bukan Mesin dan Peralatannya 

Sepanjang 3 (tiga) kuartal 2019, sektor ini selalu menduduki peringkat 5 teratas dalam pencapaian peminatnya. Dengan jumlah proyek sebanyak 1263 dan nilai investasi sebesar 2820,8 Juta USD. Padahal pada 2018, sektor ini sepi peminat dan hanya berhasil menempati posisi 5 (lima) dengan menyumbang dana PMA sebanyak 7,6% saja.

 

3. Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran

Posisi ke 3 (tiga) untuk sektor yang paling banyak diminati dalam penanaman modal asing adalah sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran. Seperti halnya kedua sektor diatas, Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran selalu menempati posisi 5 (lima) teratas dalam 3 (tiga) kuartal berturut-turut sepanjang 2019.

Dimana total nilai investasinya sebesar 2205,2 Juta USD, dengan jumlah proyek mencapai 1478 yang melebihi proyek dari sektor sebelumnya. Satu tingkat menurun dari tahun ini, dimana pada tahun 2018 sektor ini menduduki posisi ke 2 (dua) dengan perolehan 14,7% dari total investasi asing yang masuk ke Indonesia.

 

4. Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi

Tidak seperti  pendahulunya, sektor Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi hanya diminati pada 2 (dua) kuartal saja selama tahun 2019, yakni pada kuartal ke 2 (dua) April – Juni dan kuartal terakhir Oktober – Desember. Sektor ini memperoleh proyek dan nilai investasi sebanyak 591 dan 1969,8 Juta USD untuk tahun 2019. Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi pada tahun ini menempati peringkat yang sama dengan tahun lalu.

 

5. Pertambangan

Sektor pertambangan pada datanya memiliki nilai investasi asing lebih rendah dari sektor Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi, yakni hanya sebesar  2356,2 juta USD. Namun jumlah proyek yang dimiliki melebihi sektor tersebut, yakni sebanyak 722 proyek.

Dengan urutan ke 5 (lima) dalam peringkat investasi asing terfavorit, pertambangan hadir dalam 2 (dua) periode kuartal di 2019, yaitu pada jangka waktu April hingga Desember 2019. Padahal pada tahun 2018, posisi yang diraih adalah ke 3 (tiga) dengan nilai investasi 10,4%.

Masih ada banyak sektor yang tercatat dari data BKPM untuk PMA dengan kategori sektor terfavorit tahun 2019. Misalnya saja Industri Makanan dengan jumlah realisasi proyek sebanyak 828 dan nilai investasinya sebesar 375 Juta USD, atau Industri Kimia dan Farmasi dengan proyek 635 dan nilai investasi sebesar 465,5 Juta USD, dan yang lainya. Dengan demikian, apakah Anda sudah menentukan sektor mana yang akan Anda incar selanjutnya?

Leave a Comment