Virtual Office Di Jakarta Selatan

Pengertian Virtual Office dan Apa Manfaatnya?

Mengapa Virtual Office Sangat di Butuhkan Oleh Para Startup Founder?

Bagi sebagian orang  Virtual  Office emanglah sangat jarang  didengar dikarenakan hampir  semua orang di dunia ini melaksanakan pekerjaannya di Serviced Office. Namun, apakah anda tahu apa sih itu Virtual Office dan Apa saja Kelebihan serta Kekurangan Virtual Office? Tenang saja anda tidak perlu khawatir karena di Artikel kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda Apa sih itu Virtual Office dan Apa saja yg menjadi Kelebihan serta Kekurangan Virtual Office?

 

1. Pengertian Virtual Office serta Lokasi dan Harga Sewa Virtual Office di TB Simatupang-Jakarta Selatan

Apa sih itu Virtual Office? Virtual Office itu sendiri adalah Sebuah Kantor atau Tempat Kerja yang berada di Internet/Virtual yg berarti Anda atau Karyawan anda bekerja di sebuah kantor namun anda tida memiliki ruangan di kantor tersebut.

Temukan dan sewa virtual office terbaik di Jl. Tb Simatupang dari beragam lokasi strategis dengan harga terjangkau mulai 200 ribu/bulan, berikut adalah daftar nama lokasinya:
1. GKM Tower Simatupang

GKM Tower Simatupang terletak di lokasi yg sanga strategis di Jl. TB Simatupang dengan akses mudah ke pintu masuk jalan tol, untuk akses ke Bandara atau pusat Jakarta. Harga Sewa mulai dari harga 299 ribu/bulan.

2. THE CEO Building

The CEO Building merupakan salah satu Building di Tb Simatupang Jakarta Selatan yg menyediakan jasa sewa Virtual Office dan Harganya Sewanya sendiri di mulai dari harga 600 ribu/bulan.

3. Alamanda Tower

Alamanda Tower memiliki lokasi yang strategis karena lokasi nya sangat cocok menjadi kantor perwakilan di daerah TB Simatupang. Harga Sewa mulai dari harga 500 ribu/bulan.

4. Legalo Virtual Office – Smart Legal ID

Jadi jika Anda tertarik menggunakan virtual office di daerah Jakarta Selatan Anda dapat menggunakan Legalo virtual offiice, Legalo merupakan jasa penyedia sewa Virtual Office yg berada di TB Simatupang Jakarta Selatan, Harga sewanya sendiri di mulai dari 4.500.000,-/tahun dengan paket Beginner’s Luck.Tidak hanya 4 building itu saja, tapi masih banyak lagi building-building yg menyediakan jasa sewa Virtual Office di sekitaran Tb Simatupang Jakarta Selatan.

2. Mengapa Anda sebagai Startup Founder Sangat Membutuhkan Virtual Office?

Salah satu alasan mengapa Startup seperti Anda membutuhkan Virtual Office adalah karena efisiensi Anggaran/Modal pada fase awal Startup berdiri. Jika Anda adalah Startup Found baru yg hanya memiliki 3-5 karyawan dan Anda langsung menyewa kantor/ruangan di sebuah gedung sangatlah memberatkan Startup baru seperti Anda.  Apalagi salah satu syarat untuk mendirikan Perusahaan/Startup juga harus memerlukan domisili dimana perusahaan anda berada yang mau tidak mau anda harus menyewa Kantor/Ruangan di sebuah gedung. Dengan adanya Virtual Office, Startup baru seperti Anda sangatlah tepat & cocok untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Dengan Virtual Office ada 3 keuntungan yang bisa anda dapatkan sebagai seorang Startup Founder Baru:

1. Startup Anda bisa memiliki alamat domisili perusahaan yang pasti.

2. Meningkatkan Citra dan Banding Startup/Perusahaan Anda jika Startup berlokasi di kawasan strategis atau di pusat bisnis.

3. Anda tidak perlu datang ke Perusahaan/Startup setiap hari dan kegiatan operasional perusahaan dapat Anda lakukan dimana saja, seperti: di rumah, di kafe dan di CO-Working Space.

3. Apa Manfaat dari Virtual Office Bagi Startup Founder Seperti Anda

Kelebihan Virtual Office (VO), kantor jenis ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan yang karyawannya sering berada dilapangan. Berikut adalah kelebihan yang didapat menggunakan virtual office (VO) dibanding dengan kantor konvensional. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

1. Menciptakan lingkungan yang lebih bersih

Dengan adanya virtual office, karyawan tidak perlu lagi keluar rumah untuk pergi ke kantor. Ini dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara. Lingkungan juga akan lebih bersih dari sampah.

2. Waktu kerja yang fleksibel

Virtual office membuat jam kerja karyawan menjadi fleksibel bahkan bisa mencapai 24 jam dalam sehari

3. Mengurangi kepadatan bangunan

Kita ketahui bahwa jumlah bangunan di kota Jakarta sudah sangat banyak. Dengan penambahan kantor akan menambah angka kepadatan bangunan.

4. Apa Saja Syarat Untuk Pembuatan Virtual Office?

Apakah Anda tahu apa aja sih syarat untuk pembuatan dari Virtual Office? Berikut adalah syarat kantor virtual agar dapat digunakan sebagai alamat pengukuhan PKP:

1. Pengusaha pengguna jasa kantor virtual dimaksud memiliki izin usaha atau dokumen sejenis lainnya yang diterbitkan oleh pejabat atau instansi yang berwenang.

2. Terpenuhinya kondisi pengelola kantor virtual sebagai berikut:

–> Telah dikukuhkan sebagai PKP.

–> Menyediakan ruangan fisik untuk tempat kegiatan usaha bagi Pengusaha yang akan dikukuhkan sebagai PKP.

–> Secara nyata melakukan kegiatan layanan pendukung kantor.

3. Persyaratan tersebut berlaku baik untuk orang pribadi maupun badan.

 

5. Kelebihan dan Kekurangan dari Virtual Office Bagi Startup Founder

Belakangan ini Virtual Office menjadi sangat banyak digunakan oleh para Startup-Startup Founder baru yg ingin memulai usahanya karena banyak manfaat dari Virtual Office, namun apakah anda tahu apa sih Kelebihan dan Kekurangan dari Virtual Office itu sendiri? Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberitahukan kepada Anda Kelebihan dan Kekurangan dari Virtual Office:

1. Lebih Fleksibel
Dengan bekerja secara virtual/online kita akan lebih bisa fleksibel dalam menetukan waktu kerja. Kita bisa bekerja pagi, siang dan sore atau malam sekalipun sesuai dengan yg kita inginkan. Karena dengan bekerja secara virtual kita tidak akan tergantung
oleh waktu seperti jika kita bekerja pada perusahaan yang harus datang pagi dan pulang pada sore hari.

2. Hemat Biaya
Memiliki kantor secara virtual tidak seperti kita memiliki Serviced Office pada umumnya, kita tidak diharuskan meiliki peralatan-peralatan yang harus ada dan yg mendukung aktifitas di kantor. Cukup dengan memiliki seperangkat komputer dan koneksi internet maka Kantor Virtual Anda sudah bisa beroperasi, sehingga dari segi biaya termasuk bisnis modal lebih sedikit dibandingkan dengan Serviced Office pada umumnya.

3. Banyak Pilihan Pekerjaan
Dunia Virtual merupakan tempat dimana Anda bisa menemukan banyak sekali informasi atau pekerjaan. Bukan hanya pekerjaan yang ada di Indonesia saja tapi pekerjaan dari luar negeri juga bisa Anda dapatkan dengan mudah seperti, membuat website atau membuat program yang lain yang banyak kita temukan di situs penyedia pekerjaan(Freelance) dan lebih enaknya pekerjaan tersebut bisa kita dapatkan hanya dengan duduk atau tiduran di kamar.

4. Penghasilan Tak Terbatas
Jika Anda serius menjalankan pekerjaan kita secara Virtual, penghasilan Anda bisa lebih tak terbatas. Karena dengan bekerja virtual Anda bisa mendapatkan benefit sebanyak-banyaknya dan honor yang dibayar sesuai dengan pekerjaan yang Anda kerjakan.

5. Banyak mempunyai Waktu Luang Dengan Keluarga
Dengan bekerja secara Virtual kita lebih mempunyai waktu yang lebih lama dengan keluarga karena Anda bisa bekerja di rumah, sehingga setiap saat Anda bisa bertemu dengan keluarga Anda dirumah, sehingga hubungan Anda dengan keluargapun menjadi lebih harmonis.

 

6. Bagaimana Sih Cara Kerja dari Virtual Office?

Sebuah Virtual Office memiliki cara kerja yang kurang lebih hampir sama dengan Serviced Office pada umumnya, Virtual Office juga memiliki resepsionis, kantor dan ruang konferensi untuk konsultan yang tidak memiliki lokasi kantor sendiri. Anda hanya perlu membayar biaya layanan bulanan untuk menggunakan telepon dan alamat surat untuk kebutuhan Anda sendiri dan bertemu dengan klien di ruang konferensi untuk menyiapkan penampilan profesional. Nah sudah paham belum cara kerja dari Virtual Office? Kalau sudah paham mari kita lanjut ke artikel berikutnya, jangan lupa dibaca sampai habis ya guys.

 

7.Tips Memilih Virtual Office Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Selain untuk mendukung para pengusaha yang ingin membuka bisnis dengan budget minim, jenis kantor ini berfungsi untuk mengurangi tekanan dan stress akibat masalah parkir maupun lalu lintas dan memungkinkan Anda bekerja di waktu-waktu produktif, baik di pagi hari maupun malam hari. Berbagai fasilitas kantor virtual tentunya semakin memaksimalkan aktivitas bisnis Anda menjadi lebih menguntungkan. Perlu diingat bahwa terdapat beberapa bidang bisnis yang tidak di izinkan Pemerintah untuk menggunakan Virtual Office, maka dari itu pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis Anda bisa untuk menggunakan Virtual Office.

Berikut ini adalah 5 tips bagi Anda untuk memilih Virtual Office dengan benar:

1. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi. Sebaiknya Anda memilih di kawasan yang strategis seperti kawasan central business district atau memilih lokasi yang dekat dengan domisili. Jangan memilih lokasi yang berada di dalam gedung tua dan lokasi yang tidak familiar atau sulit dicari. Dengan memilih lokasi yang strategis dan bergengsi, citra perusahaan Anda juga akan meningkat. Pastikan terlebih dahulu bahwa lokasi virtual office yg Anda miliki sesuai dengan petunjuk sehingga mudah ditemukan oleh klien.

2. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Ketika Anda hendak memilih virtual office, terlebih dahulu Anda harus memperhatikan fasilitas yang ditawarkan. Pada umumnya penyewa layanan Virtual Office akan menyediakan fasilitas-fasilitas yg mendukung kegiatan di kantor seperti ruang meeting, executive assistant, fasilitas transfer telepon, call center , jaringan internet, notifikasi klien melalui email, penerimaan paket ke alamat kantor virtual dan masih banyak yg lainnya.

Tidak semua Virtual Office yg tersedia memiliki fasilitas yg lengkap. Pilih yang terbaik yang memberikan fasilitas lengkap sesuai kebutuhan Anda. Sebaiknya Anda survei kembali fasilitas tersebut, apakah fasilitas yang diberikan sesuai dengan yang ditawarkan dan berfungsi dengan baik.

3. Sesuaikan Harga Dengan Layanan yang di Dapatkan

Banyaknya penyedia layanan yang menawarkan Virtual Office dengan harga terjangkau harus membuat Anda harus teliti kembali memilih Virtual Office sebelumnya Anda menyewanya. Masing-masing penyedia jasa kantor virtual menawarkan fasilitas dan harga yang berbeda, mulai dari 4 juta sampai belasan juta tergantung dengan jenis paket dan layanan yang mereka sediakan.

Perhatikan apakah harga yang di tawarkan sesuai dengan fasilitas yang diberikan, karena beberapa penyedia kantor virtual masih memberikan harga yang berbeda antara harga awal dengan harga akhir.

4. Apakah Ada jasa Penunjang Bisnis Lain

Bagi para pengusaha baru, banyak layanan bisnis yang dapat membatu perkembangan bisnis Anda. Contohnya adalah, pengurusan legalitas untuk bisnis, layanan akuntansi berbasi cloud. Karena jika Anda menggunakan layanan pendukung bisnis, Anda dapat menghemat waktu dan biaya operasional, sehingga kinerja bisnis Anda akan lebih efisien dalam banyak hal.

Pengurusan legalitas yang lama dapat menghambat Anda ketika sedang sibuk mengurusi jalannya bisnis. Apabila Anda tidak memiliki waktu yg cukup dan informasi untuk pengurusan legalitas, sebaiknya Anda meminta kepada penyedia layanan virtual office untuk mengurus legalitas dari bisnis Anda, baik PT atau CV. Dengan demikian, tersedianya suatu layanan lain untuk perkembangan Startup Anda di Virtual Office dapat menjadi pertimbangan Anda.

5. Bisa PKP atau Tidak?

Tahap pertimbangan yang terakhir, pilihlah virtual office yang sudah mendaftar PKP (Perusahaan kena Pajak), dengan begitu para penyewa juga bisa mengajukan PKP di kantor pajak. Berdasarkan pernyataan PMK No 147/PMK.03/2017 terkait penggunaan kantor virtual dapat mengajukan PKP namun di dukung dengan peraturan terkait pengaturan sistem elektronik untuk pengajuan izin PKP.

Dengan mengajukan PKP bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan, seperti dapat mengikuti proyek pemerintah dan proyek besar instansi lainnya. Maka dari itu, meskipun Anda belum membutuhkan PKP, pemilihan kantor virtual yang bisa diajukan untuk pengajuan PKP akan lebih aman sehingga pada saat Anda membutuhkan PKP Anda tidak perlu mengganti alamat virtual office yang hanya menambah biaya.

 

8. Bidang Usaha yang Tidak Perlu Menggunakan Virtual Office

Kemunculan Virtual Office saat ini sudah menjadi tren di berbagai kalangan Startup Founder yang membutuhkan legalitas atas nama perusahaannya. Seperti Legalo Virtual Office – Smart Legal ID yang dapat memudahkan para perintis usaha (startup founder) untuk mengembangkan bisnis dan menghemat biaya dalam sewa gedung. Selain mendapatkan alamat bisnis yang memudahkan dalam proses surat menyurat perusahaan, Client Legalo Virtual Office – Smart Legal ID juga tetap mendapatkan berbagai macam fasilitas menarik dan lengkap dengan berbagai layanan seperti Serviced Office dan Coworking Space.

Berbicara mengenai Virtual Office, ternyata ada beberapa jenis usaha yang tidak disarankan untuk menggunakan layanan ini, diantaranya sebagai berikut:

1. Pariwisata

Usaha dalam bidang pariwisata ternyata tidak cocok untuk menggunakan layanan Virtual Office. Kenapa? Karena untuk menjalankan usaha dalam bidang ini, pengusaha membutuhkan yang namanya Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau disingkat TDUP agar dapat menjalankan bisnis secara legal. Selain itu, dalam bidang ini, cukup banyak layanan yang diberikan seperti akomodasi, rekreasi, perjalanan wisata, makan, minum, dan sebagainya. Untuk memperoleh izin, biasanya pihak terkait harus melakukan survei langsung. Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan pada Virtual Office yang hanya menyewa alamat bisnis.

2. Konstruksi

Tidak hanya pariwisata, usaha di bidang Konstruksi pun tidak boleh menggunakan Virtual Office. karena bisnis konstruksi pada umumnya berhubungan erat dengan alat berat yang membutuhkan tempat untuk menyimpan alat berat(excavator) itu sendiri. Selain itu, perusahaan dibidang konstruksi juga membutuhkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) untuk legalitas perusahaannya.

3.Event Organizer

Sekarang ini, banyak pernikahan maupun kantor yang membutuhkan event organizer. Kegunaannya, tentu untuk mempermudah jalannya sebuah acara. Pemilik acara tidak perlu repot memikirkan konsep dekorasi acara ataupun makanan yang akan disuguhkan pada para tamu karena sudah terdapatnya jasa ini. Namun, karena harga yang ditawarkan oleh jasa ini terbilang cukup mahal, pelanggan tentu membutuhkan alamat lengkap pemilik event organizer tersebut. Tentu, ini sangat tidak cocok apabila menggunakan Virtual Office.

Nah, itulah beberapa jenis usaha yang tidak disarankan menggunkan layanan Virtual Office. Jika Anda seorang CEO atau perintis usaha tertentu dan ingin menggunakan layanan Virtual Office ini, sebaiknya Anda mulai mengkonsultasikan kepada kami yaitu Legalo Virtual Office – Smart Legal ID, Apakah bidang usaha yang sedang Anda kembangkan dapat menggunakan layanan Virtual Office kami di Legalo Virtual Office -Smart Legal. Anda dapat menghubungi kami di smartlegal.id

 

9. Perbedaan Virtual Office dan Serviced Office

Nah jika Anda sudah paham apa itu Virtual Office namun apakah Anda tahu apa perbedaan dari Virtual Office dan Serviced Office? Langsung saja cek di bawah ya guys.

1. Perbedaan Definisi Serviced Office dan Virtual Office

Dari perbedaan definisinya saja, sebetulnya sudah memiliki perbedaan yang cukup jelas. Virtual office adalah sebuah kantor dimana anda tidak menyewa secara fisik, namun hanya secara administrasi kantor tersebut saja. Oleh karena itu disebut Virtual karena anda hanya terdaftar di administrasi kantor tersebut saja.

Berbeda dengan Serviced Office alias Private Office yang memiliki makna sebuah kantor dimana anda menyewa kantor tersebut secara fisik & anda dapat bekerja di ruangan kantor tersebut.

2. Produk Yang Disewakan

Jenis produk antara Virtual Office & Serviced Office juga berbeda. Jika anda akan menyewa Virtual Office alias kantor virtual, maka anda sebenarnya hanya menyewa alamat kantor tersebut saja untuk keperluan berbagai administrasi. Jadi, secara administrasi anda memang seakan ‘memiliki’ ruang kantor disana.

Berbeda dengan serviced office atau private office, anda benar – benar menyewa ruang kantor secara fisik ditempat tersebut dan anda dapat menggunakan ruang kantor tersebut untuk bekerja.

3) Benefit Yang Didapat

Jika anda menyewa virtual office, sebetulnya anda hanya menyewa ‘alamat’ saja. Sehingga benefit yang didapat hanyalah dapat menggunakan alamat tersebut untuk berbagai keperluan administrasi / izin. Karena hanya sebatas alamat saja, anda pun tidak bisa menggunakan ruang kantor tersebut untuk keperluan sehari – hari. Berbeda dengan private office atau serviced office, kalian mendapatkan benefit penuh karena kalian memang menyewa secara fisik ruangan kantor disana. Kalian juga dapat bekerja langsung dikantor tersebut bersama tim. Juga kalian akan mendapatkan benefit seperti Internet Access, 24 Hour Security hingga Car Parking.

10. Komponen penting dalam Virtual Office

Tidak hanya ada Kelebihan dan Kekurangan dari Virtual Officenya saja tetapi adapula komponen yang mengisi kehidupan Virtual Office, diantaranya adalah:

1. Virtual Knowledge Worker

Virtual Knowledge Worker adalah seorang “personal multimedia” yang menguasai berbagai aplikasi teknologi informasi, mempunyai berbagai ketrampilan (multiskill), terdidik dan memiliki pengetahuan yang tinggi. Seorang individu yang efektif memiliki adaptasi, kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam mengelola berbagai pekerjaan menjadi efektif. Sehingga ia memiliki tingkat keberhasilan survive; keberhasilan kreativitas dan inovasi; serta keberhasilan adaptasi yang tinggi (Sange, 1990). Hal ini dapat ia lakukan dengan kemampuannya dalam belajar tentang efisiensi (learning efficiency) yang tinggi.

2. Virtual Teamwork

Virtual Teamwork, yaitu suatu tim yang terbentuk dari penggabungan hight-tech dan hight-tauch yang memiliki performance tinggi. Bill Gates (1999) menjelaskan tentang virtual teamwork sebagai tim yang terdiri atas individu-individu yang mampu bekerjasama secara efektif, saling membangun gagasan bersama, dan mampu bertindak sesuai dengan tujuan bersama melalui suatu sistem syaraf digital (digital nervous system). Virtual teamwork mempunyai corporate IQ yang tinggi hal ini karena kemampuannya meleburkan diri pada misi dan visi tim dan kemampuannya membuang ego-nya.

3. Integrated Complexs Networks Intelligence

Integrated Complexs Networks Intelligence, yaitu kemampuan tinggi untuk berintegrasi dalam hubungan yang komplek dan saling silang menyilang dalam jaringan kerja cerdas. Integrasi ini dicapai karena setiap organisasi saling tergantung akan dukungan sumber daya dari organisasi lain. Sehingga setiap organisasi memiliki kemampuan berpikir sistematik tinggi (system thinking). Gates (1999) menjelaskan system thinking sebagai cara
berpikir menyeluruh dalam menilai sesuatu yang akan menghasilkan pemandangan terhadap sesuatu menjadi efektif. Setiap organisasi virtual akan merasa menjadi bagian dari sistem dan perannya menentukan kestabilan dari sistem networks intelligence.

4. Complexs matrixs structure

Complexs Matrixs Structure, yaitu struktur organisasi yang saling silang menyilang dan mendatar. Struktur organisasi ini terintegrasi dalam suatu sistem informasi, sangat terbuka (transparant), real time, sangat fleksibel dan tanpa dinding (without wall). Struktur berikut ini sebagai suatu infrastructure dimana didalamnya hubungan komando dalam organisasi telah hilang. Hubungan antar unit dalam organisasi berdasarkan kolaborasi yang seimbang. Tidak ada satu pihak yang memerintah dan pihak lain yang diperintah akan tetapi hubungan didasarkan atas masing-masing pihak mempunyai otonomi sumber daya.

Faster learning organization yaitu organisasi yang mempunyai kecepatan belajar sangat tinggi. Organisasi virtual dibangun atas kemampuannya yang tinggi untuk belajar beradaptasi dan proaktif terhadap perubahan lingkungannya. Hal ini dicapai melalui pengetahuan organisasi yang terus menerus setiap waktu di perbaharui melalui aplikasi teknologi informasi yang canggih.

Sekian dari saya semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan sekaligus menghibur Anda semua
Terima Kasih 🙂 Jangan Lupa Untuk Cek Link yg Ada Dibawah!
Untuk Informasi Lebih Lanjut? Silahkan Klik Link Berikut Ini

Leave a Comment