KITAS adalah suatu izin tinggal sementara

Pengertian dan Syarat dari KITAS

Pengertian dan Syarat KITAS

Halo, apakah anda mengetahui tentang apa itu KITAS?, dan bagaimana cara mengajukan dari KITAS itu sendiri?, penjelasan dibawah ini mungkin dapat membantu anda dalam memahami apa itu KITAS.

Apa itu KITAS?
KITAS adalah kartu izin tinggal yang diberikan kepada Warga Negara Asing yang ingin tinggal di Indonesia untuk dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut bisa sampai dengan 1 bulan ataupun lebih,jangka waktu ini dapat di perpanjang. Untuk pemegang kartu ini tidak perlu bersusah payah untuk memperpanjang Visa mereka setiap bulan.

Warga Negara Asing yang ingin tinggal di Indonesia untuk berbagai keperluan wajib memiliki KITAS. Izin Tinggal Terbatas diberikan untuk waktu paling lama dua tahun dan dapat diperpanjang. Setiap kali perpanjangan diberikan paling lama dua tahun, dengan catatan keseluruhan izin tinggal di wilayah In donesia tidak lebih dari enam tahun.
Disamping itu, Izin Tinggal Terbatas untuk melakukan pekerjaan singkat juga dikeluarkan untuk masa tinggal paling lama sembilan puluh hari dan dapat diperpanjang. Setiap kali perpanjangan, diberikan untuk waktu paling lama tiga puluh hari dengan ketentuan keseluruhan izin tinggal di wilayah Indonesia tidak lebih dari 180 hari.

Apa Perbedaaan KITAS dengan KITAP?

KITAS/ITAS yang dimaksud adalah (Kartu) Izin Tinggal Terbatas. Sedangkan, yang dimaksud dengan KITAP/ITAP adalah (Kartu) Izin Tinggal Tetap. KITAS adalah salah satu izin untuk menetap sementara di Indonesia dalam jangka waktu tertentu.Dan sedangkan KITAP adalah salah satu izin untuk menetap secara tetap tanpa jangka waktu.Biasanya KITAP banyak dilakukan oleh WNA yang ingin tinggal di tanah air.

KITAS dapat diberikan kepada Warga Negara Asing, tergantung maksud dan tujuan, antara lain :

1. Komisaris/Direktur/Tenaga Kerja Asing lainnya
2. Investor yang memiliki saham dari Perusahaan PMA  di Indonesia
3. Anak yang pada saat lahir di wilayah Indonesia dari ayah/ atau ibunya pemegang  Kartu izin tinggal terbatas
4. Orang asing yang kawin secara sah dengan Warga Negara Indonesia (Kartu izin tinggal terbatas Suami/Istri WNI)
5. Anak dari orang asing (orang tua pemegang kartu izin tinggal terbatas)  yang kawin secara sah dengan warga Negara Indonesia (Kawin Campur anak Pemegang Kitas)
6. Orang asing yang menggabungkan diri dengan suami atau istri pemegang izin tinggal terbatas (Kawin Campur)
7. Anak berwarganegaraan asing yang menggabungkan diri dengan ayah dan/ atau ibu Warga Negara Indonesia (Anak Kawin Campur)
8. Anak yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun dan belum kawin yang menggabungkan diri dengan ayah dan/ atau ibu pemegang izin tinggal terbatas atau izin tinggal tetap (Anak ikut Orang Tua Pemegang kartu ini).
9. Pensiunan Warga Negara Asing yang ingin tinggal di Indonesia
10. Nahkoda, awak kapak, atau tenaga ahli asing di atas kapal laut, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di wilayah perairan dan wilayah yuridiksi Indonesia.

Dasar hukum dari KITAS:
Berikut adalah dasar hukum dari KITAS yang telah dibuat sebuat dengan demikian, berikut adalah beberapa Undang-Undang dan Peraturan yang mencakup tentang keimigrasian dan izin untuk menetap di kawasan wilayah Indonesia. Terkadang,apabila seseorang yang melanggar Undang-undang ataupun peraturan yang telah dibuat oleh Pemerintah biasanya akan dikenanakan dsanksi dan diadili dalam pengadilan.

1. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian;
2. Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian;
3. Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 43 Tahun 2015 tentang Prosedur Teknis Alih Status Izin Tinggal Kunjungan Menjadi Izin Tinggal Terbatas dan Alih Status Izin Tinggal Terbatas Menjadi Izin Tinggal Tetap;
4. Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Visa dan Izin Tinggal Bagi Tenaga Kerja Asing.
5. UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”)
6. Peraturan Presiden No. 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (“Perpres 20/2018”)
7. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 10 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing (“Permenaker 10/2018”)
8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 40 Tahun 2012 tentang Jabatan-jabatan Tertentu yang Dilarang Diduduki Tenaga Kerja Asing (“Kepmenakertrans 40/2012”)
9. UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (“UU Keimigrasian”)
10. Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksana UU Keimigrasian (“PP 31/2013”)
11. Peraturan Kementrian Hukum dan HAM No. 16 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Visa dan Izin Tinggal bagi TKA (“Permenkumham 16/2018”)
12. Peraturan Kementrian Hukum dan HAM No. 17 Tahun 2016 tentang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (“Permenkumham 17/2016”)
13. Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik (“PP 24/2018”)

Jenis-jenis KITAS yang ada di Indonesia
1. KITAS Izin Kerja
Kebanyakan WNA yang ingin tinggal lebih lama di Indonesia karena akan bekerja di Indonesia. Kartu izin ini biasanya juga disponsori oleh perusahaan atau pemberi kerja yang terdaftar di Indonesia. Sebelum mendapatkan KITAS, maka harus mendapatkan surat IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing) sesuai lokasi pekerjaan. Perusahaan yang memohon KITAS ini harus mengajukan pekerjaan pemohon berdasarkan atas peraturan dan Undang-undang yang berlaku.

2. KITAS Pernikahan
WNA yang ingin menikah dengan seorang WNI (Warga Negara Indonesia) dapat disponsori oleh pasangannya untuk memperoleh KITAS. Namun, jenis kartu ini bukan untuk bekerja melainkan untuk tinggal dan berkeluarga, sehingga tidak dapat digunakan untuk izin bekerja. Syarat dari pembuatan KITAS sendiri harus ada saat melakukan permohonan adalah surat nikah resmi dari pemerintah Indonesia atau CNI (Certificate of No Impediment to Marriage) dalam bahasa Indonesia jika menikah di luar negeri.
Setelah menikah selama 2 tahun, nanti Anda bisa mengajukan permohonan untuk KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap). KITAP ini berlaku sampai 5 tahun dengan MERP (Multiple Exit and Re-entry Permit).

3. KITAS Pensiun
Terakhir adalah kartu izin untuk mereka yang mau menghabiskan masa pensiun di Indonesia. Kartu ini sendiri tak berlaku untuk pengusaha atau pebisnis. Anda bisa masuk ke Indonesia dengan visa turis terlebih dahulu dan baru kemudian mengajukan KITAS pensiun setelah sebulan. Dengan menggunakan jenis kartu izin ini maka Anda bisa tinggal di Indonesia selama bertahun-tahun dan keluar masuk antar negara sebanyak yang dibutuhkan. Sayangnya kartu ini tidak digunakan untuk bekerja di Indonesia.

Syarat pengajuan dari KITAS
Hai,disini Anda dapat menyiapkan beberapa berkas yang harus anda persiapkan untuk mengajukan KITAS itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara dari pengajuan KITAS mulai dari Umum,Khusus dan Perorangan. Untuk pengajuan KITAS secara khusus diperuntukan untuk tenaga kerja yang biasanya ingin bekerja di Indonesia.Dan perorangan biasanya diperuntukkan untuk seorang Warga Negara Asing yang ingin menikah dengan Warga Negara Indonesia secara sah.

PERSYARATAN
A. UMUM
Berikut adalah salah satu jenis pengajuan KITAS secara umum dan beberapa berkas yang harus dipersiapkan dalam pengajuan KITAS :
1. Mengisi Formulir yang sudah diberikan
2. Fotokopi dan asli dari Pas por kebangsaan atau dokumen perjalanan serta bukti visa;
3. Fotokopi dan asli KITAS lama (bagi yang telah memiliki KITAS)
4. Surat Permohonan dari Penjamin yang ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta
5. Surat Penjaminan dari Penjamin bermaterai
6. KTP (E-KTP) Penjamin
7. Surat Keterangan Tempat Tinggal
8. Surat Kuasa dalam hal pengurusan melalui kuasa

B. PERSYARATAN UMUM
Tidak bisa diungkiri bahwa tenaga kerja asing (TKA) ingin bekerja di Indonesia untuk merubah nasib mereka. Persyaratan khusus ini diajukan kepada pekerja-pekerja tenaga luar yang akan bekerja di tanah air. Biasanya persyaratan ini harus dilakukan secara penuh apabila ingin bekerja di tanah air. Berikut adalah persyaratan untuk para tenaga kerja Warga Negara Asing :

B.1 BAGI PENANAM MODAL USAHA
1. Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Pengesahan Perusahaan
2. Surat Persetujuan Penanaman Modal
3. Izin Usaha Tetap
4. Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
5. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
6. NPWP Perusahaan

B.2 TENAGA AHLI
1. Rekomendasi Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dari Kemenakertrans
2. Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Pengesahan Perusahaan
3. Izin Usaha Tetap
4. Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
5. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
6. NPWP Perusahaan

B.3 TENAGA AHLI DI ATAS KAPAL LAUT
1. Rekomendasi RPTKA dan IMTA
2. Rekomendasi dari instansi terkait
3. Izin Usaha Tetap
4. SIUP
5. TDP
6. NPWP Perusahaan
7. Akte Pendirian Perusahaan

B.4 ROHANIAWAN
1. Rekomendasi dari Kemenag
2. Rekomendasi RPTKA dan IMTA
3. Akte Pendirian Yayasan/Lembaga Kerohaniawan

B.5 BAGI YANG SEDANG MENGIKUTI PE NDIDIKAN DAN PELATIHAN
1. Rekomendasi dari kemendikbud / kemenag / lembaga pemerintah yang membidangi
2. Rekomendasi dari Setneg bagi Orang Asing penerima beasiswa dari RI

C. PERORANGAN
C.1. PERKAWINAN CAMPURAN
Berikut adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh WNA untuk menikah dengan WNI.Biasanya kasus ini banyak terjadi di Lingkungan Hdup sekitar biasanya syarat ini harus dipenuhi sebelum menikahi WNI secara sah.
1. Akte Perkawinan
2. Kartu Keluarga
3. Surat Bukti Lapor Perkawinan dari Catatan Sipil
4. RPTKA suami/istri (bagi orang asing Tenaga Kerja Ahli)
5. KITAS suami/istri

Bagaimana cara perpanjang KITAS?
KITAS dibuat dengan batas maksimal 2 (dua) tahun. Jadi, setiap WNA harus mengajukan perpanjangan apabila masih ada keperluan di Indonesia. Perpanjangan dapat diajukan sebanyak maksimal 5 (lima) kali. Berikut adalah beberapa prosedur dalam perpanjangan KITAS:

1. Membawa KITAS lama dan formulir untuk pengajuan perpanjangan.
2. Perpanjangan I dan II dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapatkan persetujuan secara tertulis dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM atau pejabat lain yang berwenang.
3. Perpanjangan III – V dapat dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapatkan persetujuan secara tertulis dari Dirjen Imigrasi setelah mendapatkan pertimbangan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.
4. Pengajuan perpanjangan dilakukan selambatnya 30 hari sebelum tanggal berakhir masa Izin Tinggal Terbatas (ITAS) kepada Kepala Kantor Imigrasi yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal.

Tips Mencari Jasa Pembuatan KITAS Tepercaya
Menjamurnya lembaga yang menawarkan jasa pembuatan dokumen perizinan tinggal untuk warga asing membuat tak sedikit warga asing merasa kesulitan untuk mendapatkan satu yang benar-benar kredibel dan tepercaya. Supaya lebih mudah, coba ikuti tips berikut ini :

1. Cari Informasi Melalui Internet
Teknologi telah berkembang sangat pesat, sehingga mudah untuk mendapatkan suatu informasi apa pun tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Termasuk ketika mau mencari informasi tentang jasa pembuatan dokumen perizinan tinggal sementara di Indonesia. Tentu saja, akan ada banyak sekali rekomendasi yang bisa dipertimbangkan, tetapi tidak semua kredibel dan profesional.
Solusinya, buka profil masing-masing lembaga. Lalu, cari pada bagian tentang organisasi mereka, apakah telah ada sertifikat resmi yang menyatakan kredibilitas lembaga tersebut. Jika belum, maka cari alternatif lain. Jika sudah tetapi muncul keraguan tentang keabsahannya, coba baca testimoni yang diberikan oleh warga asing lain yang pernah menggunakan jasa serupa.

2. Tanyakan pada Warga Asing Lain yang Pernah Berkunjung ke Indonesia
Cara kedua adalah menanyakan kepada warga asing lainnya yang sebelumnya pernah melakukan kunjungan ke Indonesia. Tanyakan lembaga mana yang dipercaya untuk melakukan pembuatan KITAS dan ITAS di Indonesia. Cara ini terbilang lebih mudah dan menghemat waktu, karena tidak perlu lagi mencari satu demi satu informasi detail tentang lembaga yang menawarkan jasanya.

APA ITU KITAS? APA KEGUNAANNYA?
KITAS adalah izin tinggal di Indonesia yang berlaku secara terbatas selama enam bulan sampai satu tahun. Sebagai jenis izin yang paling umum untuk penduduk asing, Anda memerlukan sponsor Indonesia. Dengan memiliki izin ini, Anda dapat tinggal di Indonesia sampai lima tahun, dengan perpanjangan setiap dua belas bulan.
Pemerintah Indonesia menawarkan 30 hari gratis visa turis di samping visa kedatangan untuk sebagian besar negara di dunia. Namun, jika Anda ingin tinggal lebih lama dari itu, KITAS adalah yang Anda butuhkan. Tinggal lebih lama dari masa kunjungan visa, ekspat akan dikenakan hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp500.000.000 (~ 37.000 USD).

PROSES & PERSYARATAN UNTUK MENDAPATKAN KITAS
Bukan lagi informasi baru bahwa proses permohonan visa di Indonesia membutuhkan waktu hingga 10 minggu. Proses yang panjang tersebut mungkin akan membuat Anda stres. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dari awal untuk menghindari kekecewaan yang sebenarnya tidak perlu. Selain itu, perpanjangan KITAS sebaiknya dilakukan 2 bulan sebelum tanggal kedaluwarsa.

FAKTA MENARIK TENTANG KITAS
Perlu diketahui bahwa satu-satunya cara bagi suami asing dengan istri Indonesia untuk mendapatkan KITAS adalah melalui KITAS visa kerja, bukan KITAS visa pernikahan. Anda harus memiliki izin kerja dan sponsor pekerjaan sebelum memperoleh KITAS – yang berarti istri Anda tidak dapat mensponsori aplikasi KITAS Anda.

Diatas adalah beberapa syarat dari pengajuan tentang KITAS,apa itu KITAS,Tujuan dari KITAS itu sendiri dan beberapa Undang-undang dan dasar hukum dari KITAS.Sekian dan Terima Kasih.
Untuk Informasi Umum LINK DISINI

Leave a Comment