Pendaftaran Merek Online

Pendaftaran Merek Secara Online

Pengertian Pendaftaran Merek

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang pendaftaran merek online,perlu diketahui terlebih dahulu apa itu merek?Merek adalah suatu produk yang membedakan barang itu sendiri dengan barang lainnya.Jadi pendaftaran merek adalah mendaftarkan produk agar produk tersebut bisa lebih leluasa diketahui/diminati banyak orang.Menurut UU no.15 tahun 2001 merek adalah sebagai tanda daya pembeda dan digunakan dalam perdagangan barang dan jasa.

 

Langkah Awal Pendaftaran Merek

Cara mendaftarkan merek terbagi menjadi 2 yaitu secara offline dan juga online.Dengan mendaftarkan merek secara online lebih mudah daripada mendaftarkannya secara offline.

Berikut langkah awal mendaftarkan merek secara online:pendaftaran merek secara online bisa di aplikasikan menggunakan aplikasi merek seperti DJKI.Pengguna baru harus memesan kode billing terlebih dahulu.Anda bisa memesannya di simpaki.dgip.go.id.Setelah memesan kode billing,lalu lakukan pembayaran,kemudian login ke aplikasi merek.

Syarat Untuk Mendaftarkan Merek

Setelah masuk ke dalam aplikasi merek,ada beberapa syarat untuk mengajukan pendaftaran merek.Syarat-syarat untuk mendaftarkan merek:

1.Mengisi biodata anda yaitu nama,alamat dan juga kewarnegaraan.

2.Sediakan kurang lebih 30 contoh merek berukuran 2 x 2 cm,maksimal 9 x 9 cm.

3.Sediakan daftar-daftar barang yang sudah diberi merek.

4.Mempunyai surat kepemilikan.

5.Fotokopi KTP.

6.Fotokopi NPWP(untuk perusahaan).

7.Surat Kuasa(bila dibutuhkan).

Fungsi Mendaftarkan Merek

Pendaftaran merek adalah salah satu cara untuk mengembangkan merek atau sebuah produk agar lebih banyak diketahui atau diminati banyak orang.Di jaman milenial ini orang lebih sering menggunakan mobile untuk mencari informasi.Karena itu mendaftarkan merek secara online sudah pasti dilihat banyak orang,tetapi tergantung produk itu sendiri menarik atau tidaknya.

Kelebihan dan kekurangan Pendaftaran Merek secara Online

Apa adakah keuntungan dengan mendaftarkan merek secara online?,apa ada beda nya dengan mendaftarkan merek secara online maupun oflline?.Jawabannya adalah sungguh sangat berbeda.Berikut adalah beberapa kelebihan mendaftarkan merek secara online:

 

Kelebihan

1.Dengan menggunakan mekanisme lisensi pengguna dapat mengontrol pengunaan mereknya terhadap pihak lain.

2.Dengan mendaftarkan merek adalah salah satu upaya yang efektif untuk memastikan eksklusivitas atas pengunaan nama atau merek.

3.Perlindungan hukum.Menurut ketentuan UU,jika merek anda sudah terdaftar maka merek milik anda berada dalam perlindungan dalam jangka waktu kurang lebih 10 tahun sejak tanggal pendaftaran.

4.Memberikan nilai ekonomis,dengan mendaftarkan merek dapat memberikan nilai merek kepada pembeli karena dengan ada nya itu adalah salah satu cara untuk memberikan kepuasan terhadap pembeli.

5.Jika merek sudah terdaftar,maka tidak diperbolehkannya pihak bisnis lain untuk menyamakan merek yang sudah terdaftar.

6.Apabila merek sudah terdaftar maka bisa menjadi bukti kepemilikan merek yang sah.Jika sudah mempunyai bukti kepemilikan yang sah maka itu adalah salah satu upaya untuk menghindari plagiasi.

Kekurangan

Tetapi tidak hanya keuntungan saja disaat mendaftarkan merek,juga ada kekurangan ketika melakukan pendaftaran merek:Berikut adalah kekurangan dengan mendaftarkan merek:

1.Saat melakukan pendaftaran merek tentu saja perlu dilakukannya registrasi ataupun pembayaran,tarif untuk pendaftaran merek saat ini masih terlalu mahal di kalangan masyarakat.

2.Lama nya proses pendaftaran merek.Pada tahun 2001 proses pendaftaran merek sekitar 14 bulan 10 hari,dan pada tahun 2016 proses pendaftaran merek sekitar 8 bulan.Walaupun proses ini sudah lebih dipercepat sedikit tapi tetap masih dibilang agak lama untuk prosesnya.

3.Sudah tidak ada pemeriksaan kembali apabila terdapat keberatan dan sanggahan.

4.Terdapatnya multi tafsir pengertian merek terkenal dan persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya.

5.Adanya persyaratan filosofi merek seperti pelampiran merek.

6.Perlindugan merek masih dibatasi(tidak selama nya terus-menerus merek tersebut terlindungi walaupun sudah terdaftar).

Pentingnya Mendaftarkan Merek

Pentingnya mendaftarkan hampir sama dengan kelebihan mendaftarkan merek hanya saja ini lebih spesifik.Apa yang akan terjadi bila merek yang belum terdaftar?.Ya tentu saja maka merek tidak terlalu begitu aman,merek juga tidak terlidungi,jika ada plagiasi maka plagiasi tersebut tidak akan disalahkan apabila plagiasi tersebut menyerupai merek anda karena merek anda belum terdaftar.Dan juga tidak ada hak untuk melarang plagiasi tersebut.

 

Jadi dengan mendaftarkan merek,baru akan mendapatkan perlidungan apabila sudah terdaftar.Dengan mendaftarkan merek pun maka anda akan mendapatkan hak ekselusif atau pemilik merek dapat memberikan izin terhadap pihak lain untuk memakainya.Bahkan pemilik merek yang sudah tedaftar dapat memberikan izin terhadap pihak lain melalui lisensi.

Selain alasan-alasan yang sudah disampaikan,pentingnya mendaftarkan merek juga berdampak untuk melindungi dari pembajakan atau menggunakan tanpa hak.Tanpa pendaftaran merek maka tidak aka nada tanda sebagai pembeda dari produk lainnya.Merek itu sendiri juga mempunyai identitas,bila merek sudah terdaftar maka itu juga bisa dijadikan sebagai penanda identitas merek.Maka sampai disini pendaftaran merek itu sangatlah penting apabila merek tidak terdaftar banyak sekali kerugian yang ditimbulkan untuk pemilik merek.

 

Tidak hanya pemilik saja yang dirugikan tetapi bila konsumen menggunakan merek yang tidak terdaftar itu juga bisa menjadi kerugian bagi konsumen karena menggunakan merek yang belum jelas(tidak terdaftar).

Prosedur Mendaftarkan Merek secara Online

Berikut adalah urutan prosedur pendaftaran merek:

1.Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah meregistrasi akun.

2.Buatlah permohonan baru.

3.Pesan kode billing.

4.Kemudian pembayaran sesuai dengan tagihan pada aplikasi.

5.Isi semua formulir yang diberikan.

6.Masukkan data pendukung     yang diperlukan.

7.Apabila semua nya sudah diisi,berikutnya klik selesai.

8.Tunggu hingga permohonan anda sampai diterima.
Syarat dan Prosedur Pendaftaran Merek

Pendaftaran Hak merek secara online

Dengan pendaftaran hak merek semakin mudah karena dapat dilakukan secara online. Karena ada nya pendaftaran hak merek secara online,masyarakat tidak harus repot-repot pergi dan membawa banyak dokumen permohonan.Pendaftaran merek melalui online dapat dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi seperti yang disediakan oleh DJKI.Aplikasi DJKI dibuat bertepatan pada hari  kemerdekaan RI yang ke 74 pada tahun 2019.

Berikut ini adalah prosedur untuk mendaftarkan hak merek secara online:

1.Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memesan kode billing di aplikasi(seperti aplikasi Simpaki).

2.Lakukan pembayaran.

3.Lakukan registrasi akun pada aplikasi merek terlebih dahulu.

4.Login ke aplikasi merek.

5.Tunggu hingga aplikasi merek sampai terintegrasi dengan aplikasi(Simpaki) untuk melakukan pengecekan kode billing.

6.Setelah terintegrasi,masukkan data permohonan.

7.Data permohonan yang sudah dimasukkan dapat dicetak dan akan dicek.

 

Tarif pendaftaran hak merek secara online,sudah tertera dalam PP Nomor 28 Tahun 2019.

Nominal tarif pendaftaran hak merek secara online terbagi menjadi dua,yakni umum dan UMKM.Besaran tarifnya tegantung berdasarkan kategori pemohon yang dibutuhkan.Besaran tarif juga mengatur jangka waktu perlindungan merek.

Jasa Pendaftaran Merek Secara Online

Pendaftaran merek sebenarnya dapat dilakukan secara individu dan juga bergantung pada orang lain menggunakan jasa pendaftaran merek,namun jika mendaftarkan merek secara individu cukup melelahkan.Berbeda dengan hal nya dengan menggunakan jasa orang lain,semua keperluan untuk mendaftarkan merek ditangani oleh jasa pendaftaran merek termasuk urusan surat-suratnya.Untuk menggunakan jasa pendaftaran merek,anda harus mempertimbangkan sebelum menetapkan jasa pendaftaran merek.

Berikut adalah panduan memilih jasa pendaftaran merek:

1.Pastikan terlebih dahulu,pihak yang anda ingin gunakan jasa nya terdaftar dalam data konsultan kekayaan intelektual.

2.Lihatlah portofolio klien-klien sebelumnya supaya mengetahui bagaimana jam terbang  konsultan HKI tersebut.

3.Pastikan bila konsultan HKI patuh pada kode etik profesi konsultan HKI yang berlaku.

Bila anda belum mengetahui tentang kode etik profesi konsultan HKI yang berlaku,berikut ini ada sedikit informasi tentang kode etik profesi konsultan HKI:

-Tidak diperkenankan untuk        menjamin keberhasilan.

-Tidak diperkenankan untuk memberikan informasi yang salah,merendahkan konsultan HKI lainnya,dan membawa citra buruk profesi konsultan HKI.

-Tidak diperkenankan untuk menyatakan diri memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pegawai terkait pemerintahan,maupun secara langsung dan tidak langsung.

Tarif Umum Pendaftaran Merek Secara Online

Tarif umum pendaftaran merek ada dua jenis yakni,tarif pendaftaran merek Umum dan pendaftaran merek UKM.Berikut adalah tarif pendaftaran merek secara umum:

1.Tarif permohonan pendaftaran merek secara umum sekitar harga Rp.3.500.000.

2.Tarif perpanjangan merek s/d 6 bulan sebelum berakhir sekitar harga Rp.4.500.000.

3.Tarif perpanjangan merek s/d 6 bulan setelah berakhir sekitar harga Rp.6.500.000.

4.Perubahan Kepemilikan Merek Umum sekitar harga Rp.2.500.000.

Itu adalah tarif pendaftaran merek secara umum,beda dengan hal nya pendaftaran merek UKM,pendaftaran merek UKM jauh lebih murah dibandingkan dengan umum karena UKM adalah merek kelas kecil sampai menegah.Berikut ini adalah tarif pendaftaran merek UKM:

1.Tarif permohonan pendaftaran merek UKM sekitar harga Rp.2.000.000.

2.Tarif perpanjangan merek UKM s/d 6 bulan sebelum berakhir sekitar harga Rp.2.500.000.

3.Tarif perpanjangan merek UKM s/d 6 bulan setelah berakhir sekitar harga Rp.4.500.000.

4.Tarif Perubahan Kepemilikan Merek UKM sekitar harga Rp.750.000.

 

 

Perlu diketahui,pendaftaran merek juga memiliki peraturan-peraturan yang harus dipatuhi disaat melakukan pendaftaran merek.Disaat melakukan pendaftaran merek bukan hanya prosedur saja yang diperhatikan tetapi peraturan yang tertera dalam Undang-undang juga harus diperhatikan.Diperkenankan untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan merek supaya melakukan pendaftaran sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.Merek yang didaftarkan juga harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.Pendaftar harus melakukannya sesuai dengan peraturan yang berlaku demi kenyamanan semua pihak.Berikut ini adalah Undang-undang mengenai pendaftaran merek dan merek yang berlaku:

UU NO 20 Tahun 2016

 

Pasal 1

 

 

Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan: 1. Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/ atau 3 {tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan Zatau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang darr/ atau jasa. 2. Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sarna atau badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya. 3. Merek Jasa adalah Merek yang digunakan pacta jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersarna-sarna atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa sejenis lainnya4. Merek Kolektif adalah Merek yang digunakan pada barang danjatau jasa dengan karakteristik yang sama mengenai sifat, ciri umum, dan mutu barang atau jasa serta pengawasannya yang akan diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang danj atau jasa sejenis lainnya.

 

  1. Hak atas Merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pernilik Merek yang terdaftar untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri Merek tersebut atau mernberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya. 6. Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang danjatau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alarn, faktor manusia atau kornbinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang danjatau produk yang dihasilkan. 7. Hak atas Indikasi Geografis adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemegang hak Indikasi Geografis yang terdaftar, selama reputasi, kualitas, dan karakteristik yang menjadi dasar diberikannya pelindungan atas Indikasi Geografis tersebut masih ada.

 

8 . Permohonan adalah permintaan pendaftaran Merek atau pendaftaran Indikasi Geografis yang diajukan kepada Menteri. 9. Pemohon adalah pihak yang mengajukan Permohonan Merek atau Indikasi Geografis. 10. Pernakai Indikasi Geografis adalah pihak yang mendapat izin dari pemegang Hak atas Indikasi Geografis yang terdaftar untuk mengolah dan/ atau memasarkan barang danjatau produk Indikasi Geografis. 11. Dokumen Deskripsi Indikasi Geografis adalah suatu dokumen yang memuat inforrnasi, termasuk reputasi, kualitas, dan karakteristik barang danjatau produk yang terkait dengan faktor geografis dari barang danj atau produk yang dimchonkan Indikasi Geografisnya.

 

  1. Pemeriksa adalah Perneriksa Merek sebagai pejabat fungsional yang karena keahliannya diangkat dan diberhentikan oleh Menteri untuk melakukan pemeriksaan substantif terhadap Permohonan pendaftaran Merek.

 

Itu adalah sedikit informasi terkait peraturan Undang-undang mengenai merek dan pendaftaran merek.

 

 

  1. Kuasa adalah konsultan kekayaan intelektual yang bertempat tinggaJ atau berkedudukan tetap di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 14. Konsultan Kekayaan Intelektual adalah orang yang memiliki keahlian di bidang kekayaan intelektual dan terdaftar sebagai Konsultan Kekayaan Intelektual, serta secara khusus memberikan jasa di bidang pengajuan dan pengurusan Permohonan kekayaan intelektual. 15. Tim Ahli Indikasi Geografis adalah tim yang terdiri atas orang yang memiliki keahlian yang melakukan penilaian mengenai Dokurnen Deskripsi Indikasi Geografis dan memberikan pertimbangan Zrekomeridasi kepada Menteri sehubungan dengan pembatalan, pembinaan Indikasi Geografis nasiona pendaftaran, teknis dan Zatau l. pengubahan, pengawasan 16. Tanggal Penerimaan adalah tanggal penerimaan Permohonan yang telah memenuhi persyaratan minimum. 17. Hak Prioritas adalah hak Pemohon untuk mengajukan Permohonan yang berasal dan negara yang tergabung dalam Konvensi Paris tentang Pelindungan Kekayaan Industri (Paris Convention for the Protection of Industrial Property) atau Persetujuan Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia (Agreement Establishing the World Trade Organization) untuk memperoleh pengakuan bahwa Tangga1 Penerimaan di negara asal merupakan tanggal prioritas di negara tujuan yang juga anggota salah satu dari kedua perjanjian itu, selama pengajuan tersebut dilakukan dalam kurun waktu yang telah ditentukan berdasarkan perjanjian internasional dimaksud. 18. Lisensi adalah izin yang diberikan oleh pemilik Merek terdaftar kepada pihak lain berdasarkan perjanjian secara tertulis sesuai peraturan perundang-undangan untuk rnenggunakan Merek terdaftar. 19 . Orang adalah orang perseorangan atau badan hukum. 20. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum. 21. Tanggal Pengiriman adalah tanggal stempel pos dan / atau tanggal pengiriman surat secara elektronik. 22. Hari adalah hari kerja.

 

 

  1. Komisi Banding Merek adalah badan khusus independen yang berada di lingkungan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum. 24. Berita Resmi Merek adalah media resmi yang diterbitkan secara berkala oleh Menteri melalui sarana elektronik darr/ atau non-elektronik dan memuat ketentuan mengenai Merek menurut Undang-Undang ini.

 

Itu adalah sedikit informasi terkait peraturan Undang-undang mengenai merek dan pendaftaran merek.

Leave a Comment