Ini Dia Tempat Pelatihan Sertifikasi ISO 14001 Terbaik

Rekomendasi Training/Pelatihan Sertifikasi RSPO SCCS

Ingin mengikuti pelatihan sertifikasi RSPO SCCS? Mutu Institute adalah rekomendasi terbaik untuk Anda!

Industri kelapa sawit merupakan sebuah industri yang besar di tanah air. Per tahun 2020, Indonesia tercatat masuk ke dalam peringkat 5 besar sebagai negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Posisi ini diraih Indonesia bersama negara-negara lain termasuk Nigeria, Kolombia dan Malaysia. Untuk dapat mempertahankan posisi ini, para penggiat industri kelapa sawit harus mampu memenuhi standar. Salah satunya dengan melakukan pelatihan sertifikasi RSPO atau RSPO SCCS (Supply Chain Certification System).

RSPO sendiri merupakan singkatan dari Roundtable on Sustainable Palm Oil. RSPO adalah sebuah asosiasi yang di dalamnya terdapat organisasi dari berbagai sektor dalam industri pengolahan kelapa sawit. Organisasi tersebut termasuk perusahaan perkebunan, distributor, hingga LSM.

Tujuannya adalah untuk membuat sekaligus mengimplementasikan standar global agar produksi minyak kelapa sawit dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Pelatihan sertifikasi RSPO SCCS penting dilakukan untuk memastikan semua anggota yang memiliki kepemilikan legal, memproduksi maupun menangani produk minyak sawit melakukan semua prosesnya dengan benar dan bertanggung jawab.

Baca juga: Kenali juga apa itu ISPO dalam Industri Kelapa Sawit

Apa Saja Elemen Penting dalam Skema Pelatihan Sertifikasi?

Dalam proses sertifikasi RSPO, ada beberapa elemen yang akan menjadi bagian dari training. Elemen-elemen tersebut antara lain adalah:

  • Elemen ini berguna untuk menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi dan menjadi dasar penilaian dalam sertifikasi. Standar RSPO adalah Prinsip dan Kriteria RSPO. Semua pelaku yang berada dalam rantai pasokan produksi dan pengelolaan kelapa sawit akan diaudit berdasarkan standar yang berlaku secara internasional
  • Proses akreditasi dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan atau organisasi yang melakukan penilaian sertifikasi (dalam hal ini adalah badan sertifikasinya), merupakan lembaga yang kompeten dalam menghasilkan audit yang kredibel dan konsisten
  • Persyaratan proses. Elemen ketiga ini merupakan proses yang dilakukan untuk menetapkan apakah standar (elemen pertama) telah dipenuhi oleh badan sertifikasi yang bersangkutan.

Baca juga: Apa itu RSPO, Kenapa Sangat Penting Dimiliki?

Bagaimana Sistem Sertifikasi RSPO?

Tidak ada klaim publik yang berkaitan dengan kepatuhan terhadap Prinsip dan Kriteria RSPO dapat dilakukan tanpa verifikasi dan sertifikasi oleh badan pelatihan independen yang terakreditasi. Badan akreditasi akan melakukan proses sertifikasi dalam produksi minyak sawit yang berkelanjutan sesuai dengan RSPO SCCS.

Para pekebun akan dinilai untuk sertifikasi dalam 5 tahun sekali. Untuk setiap proses sertifikasi, biaya audit akan ditanggung oleh mereka yang membutuhkan sertifikasi RSPO.

 

Lembaga Pelatihan RSPO?

Bagi Anda yang bekerja di bidang pengelolaan kelapa sawit, mengikuti pelatihan RSPO SCCS adalah hal yang sangat penting. Dengan mengikuti pelatihan, Anda akan mendapatkan banyak manfaat termasuk menjangkau pasar CPO yang lebih luas, meningkatkan produksi, mengurangi tingkat kecelakaan kerja di lapangan hingga meningkatkan image perusahaan agar lebih ramah lingkungan.

Salah satu lembaga pelatihan yang berkomitmen untuk menyediakan program pelatihan RSPO SCCS adalah Mutu Institute. Sebagai lembaga terakreditasi, kami siap membantu perusahaan Anda untuk mengembangkan sumber daya manusia yang lebih memahami tentang sektor industri yang dijalankan.

Untuk program pelatihan sertifikasi RSPO, kami menyediakan dia jenis training. Pertama, ada training Understanding & Implementing yang berisi pemahaman standar mengenai RSPO. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dengan ujian dan sertifikat kehadiran.

Kedua, ada training Internal Auditor yang berguna mencetak sumber daya manusia yang memiliki pemahaman serta keterampilan praktis untuk melakukan audit internal RSPO. Training ini berlangsung selama 3 hari dengan ujian dan sertifikat kehadiran.

Jika Anda ingin menjadi pebisnis kelapa sawit yang ingin mewujudkan industri berkelanjutan, pelatihan sertifikasi RSPO ini adalah langkah awalnya.

Ingin mengikuti Pelatihan dan  Sertifikasi RSPO? Belum dapat Lembaga Pelatihan yang terpercaya? Masih bingung dengan syarat dan prosedur Serfikasi RSPO? Segera hubungi kami melalui info@mutuinstitute.com atau 0819-1880-0007Jangan tunda untuk melakukan Sertifikasi RSPO

Leave a Comment