izin edar

Cara Mendapatkan Izin Edar Di Indonesia

 

Izin Edar adalah bentuk persetujuan registrasi bagi yang mau di edarkan contohnya:obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan,makanan,pagan olahraga,dll.yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik(atau disebut BPOM)Indonesia agar produk tersebut secara sah dapat diedarkan di wilayah Indonesia.

Kenapa Di Indonesia Harus Memakai Izin Edar?

Di Indonesia kenapa setiap makanan atau yang lainya harus memakai izin edar dan harus mendapatkan izin resmi dari BPOM(Badan pengawas obat dan makanan),dan Departemen Kesehatan,Berikut ada dua izin edar di Indonesia mari kita simak penjelasan berikut ini!

1.Izin Dari BPOM(Badan Pengawas Obat Dan Makanan)

Izin edar bahan pangan dan minuman yang dikeluarkan oleh BPOM wajib di miliki oleh setiap masyarakat di Indonesia.Untuk mendapatkan izin tearsebut kita harus mendapatkan izin edar terlebih dahulu dari badan pengawas obat dan minuman(BPOM),dan setiap setiap peroduk harus memiliki kemasan yang layak dan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dalam PP Nomor 96 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan. Label yang tepat harus memiliki nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, nama dan alamat produsen atau distributor di Indonesia, serta tanggal, bulan, dan tahun kedaluarsa. Isi label harus benar-benar akurat, karena bagaimanapun BPOM tetap akan meneliti setiap produk secara seksama sebelum mengeluarkan izin.

Jika dalam prosesnya ada produk makanan dan minuman dengan komposisi bahan kimia berbahaya atau tidak sesuai dengan persyaratan kesehatan, BPOM berhak melakukan penarikan dan sanksi. Sanksi ini bisa berbentuk teguran, penutupan, atau bahkan penghentian izin edar bahan pangan dan minuman.

Fungsi lain dari BPOM adalah:

  • Pihak yang membuat aturan, regulasi, dan standarisasi bahan pangan serta minuman yang boleh beredar di Indonesia
  • Mengeluarkan lisensi dan sertifikasi untuk industri di bidang farmasi
  • Evaluator sebuah produk (makanan, minuman, dan obat-obatan) sebelum diizinkan beredar
  • Pra dan pasca-auditoriklan serta promosi suatu produk
  • Pelaksana riset kebijakan pengawasan obat dan makanan
  • Pihak yang berwenang memberikan informasi dan edukasi publik termasuk di dalamnya peringatan tentang bahan kimia berbahaya
  • Menjamin bahan makanan tidak menggandung bahan berbahaya
  • Mengecek bahan makanan

Langkah Awal Mendapatkan Izin Edar

Produk-produk obat, kosmetik,  makanan, Dan pangan olahraga dan lain-lain di indonesia yang akan dipasarkan harus melewati serangkaian atau berbagai uji lab dan verifikasi dokumen karena akan di lihat hasil dia layak atau tidak layak di jual sebelum dinyatakan layak dan mendapatkan izin edar di indonesia.Badan pengawas obat dan Makanan atau(BPOM)sudah menyiapkan serangkaian persyaratan yang wajib dipenuhi produsen dan importikan untuk memastikan produk yang akan dipasarkan berkualitas, aman, dan layak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

Sebelum membahas proses dan persyaratan pendaftaran produk yang akan dibuat, ada baiknya untuk mengetahui jenis nomor pendaftaran yang berlaku di bpom. Sejauh ini ada tiga nomor pendaftaran izin edar yang diberlakukan di indonesia untuk produk.

Pendaftaran Izin Edar Di Indonesia

  • Nomor SP (Sertifikat Penyuluhan): nomor sertifikat penyuluhan pendaftaran yang diberikan kepada pengusaha kecil dengan modal usaha dan pengawas dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kotamadya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 42, Tambahan Lembaran) jadi harus di wajibkan memakai No SP.
  • Nomor MD(Merchandiser): diberikan produsen bermodal besar yang mampu memenuhi kriteria kualitas dan keamanan produk yang ditetapkan pemerintah dan untuk menggatur proses tata letak.
  • Nomor ML: diberikan untuk produk impor, baik berupa kemasan atau langsung maupun yang dikemas ulang akan segera di imporkan ketika No ML di gunakan atau di terapkan.

 

 

Adapun beberapa tahapan pendaftaran produk untuk mendapatkan izin edar meliputi:

Pendaftaran Izin edar secara Secara Manual

Input data perusahaan dan spesifikasi produk dapat dilakukan baik secara manual maupun digital. Pada pendaftaran manual, beberapa persyaratan berkas yang harus dipenuhi terdiri dari:

  • Fotokopi izin industri dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
  • Berkas asli hasil uji laboratorium yang berhubungan dengan produk dan terdiri dari klaim gizi, zat yang diklaim pada label, uji kimia, cemaran mikrobiologi dan cemaran logam. Hasil analisa lab tersebut berlaku selama enam bulan.
  • Rancangan label sesuai dengan yang akan diedarkan sekaligus contoh produknya.
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap. Formulir pendaftaran tersebut dapat diperoleh di bagian Tata Usaha Direktorat Penilaian Keamanan Pangan Badan POM.

 

 

Sementara itu, berlaku persyaratan yang berbeda untuk pendaftaran izin edar produk luar negeri. Beberapa persyaratan berkas yang harus dipenuhi yakni:

  • Salinan Surat Penunjukan dari negara asal.
  • Health Sertificate (izin dari departemen kesehatan negara asal).
  • Hasil uji laboratorium.
  • Label berwarna.
  • Sampel produk minimal tiga buah.P) atau Angka Pengenal Importir (API).
  • Data komposisi dan spesifikasi produk.
  • Salinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Pendaftaran Izin Edar Secara Online

Untuk melakukan registrasi produk secara online, Anda dapat mengakses layanan e-Registration. Berikut langkah pendaftaran produk melalui platform e-Registration:

  • Sebelum mendaftarkan produk, pastikan perusahaan Anda telah terdaftar di layanan online BPOM untuk dapat mengakses e-Registration Pangan maupun Bahan Tambahan Pangan (BTP). Jika perusahaan Anda telah terdaftar di laman e-BPOM, Anda dapat langsung mengisi data produk yang akan didaftarkan.
  • Untuk mendaftarkan produk, pilih menu Registrasi, Pengajuan Dokumen, dan isi data registrasi produk.
  • Setelah itu, isi daftar komposisi tabel. Data isian komposisi yang telah dimasukkan masih dapat diubah atau dihapus selama belum memasuki tahap verifikasi.
  • Setelah memasukkan data komposisi produk, klik tombol Hasil Analisa. Barulah Anda dapat melakukan proses entry data hasil analisis produk.
  • Simpan hasil analisis produk. Setelah semuanya tersimpan, klik tombol Informasi Gizi dan masukkan data informasi gizi produk Anda .
  • Langkah selanjutnya setelah memasukkan informasi gizi adalah Klaim Produk.
  • Setelah semua data telah diisi dan file-file yang di syaratkan telah dikirim, Anda dapat melanjutkan proses registrasi dengan mengirimkan data pada verifikator.

 

TIPS MENDAPATKAN IZIN EDAR DENGAN MUDAH DI INDONESIA

1.Masyarakat Indonesia harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari BPOM(Badan Pengawas Obat Dan Makanan).

2.Setelah itu masyarakat Indonesia harus mendapatkan sertifikat resmi dari BPOM.

3.Sudah memenuhi syarat dari BPOM.

4.Sudah mendapatkan izin dari kementrian kesehatan

5.Sudah mendapatkan izin dari Departrmen Kesehatan

Jadi begitu saja untuk mendapatkan izin edar di indonesia.

Syarat Izin Edar Untuk Pangan Olahraga Di indonesia

Cara untuk mendapatkan syarat untuk pangan olahraga nasional yaitu sebagai berikut:

1.Nomor izin Edar pangan olahan produksi dalam negri di awali dengan kata kunci atau kode yaitu MD.

2.Nomor izin Edar pangan olahan produksi luar negri di awali dengan kata kunci atau kode yaitu ML.

Ada pula syarat untuk pangan olahraga nasional yang terbentuk Dokumen dalam negri yaitu sebagai berikut:

Dokumen Administratif

1.Lampiran fotocopy izin usaha di bidang produksi pangan

2.Dokumen hasil audit sarana produksi

3.Pendaftaran manual melampirkan folmulir dari laman direktorat pangan olahan BPOM Republik Indonesia

4.Pendaftaran elektronik, melampirkan NPWP dan akta notaris pendirian perusahaan

Dokumen Teknis

1.Daftar bahan yang di gunakan

2.Proses produksi

3.Hasil uji laboratarium terbaru

4.Informasi tentang masa simpan

5.Informasi kode produksi

6.Rancangan label

7.spesifikasi pangan olahraga

Ada pula syarat untuk pangan olahraga nasional yang terbentuk Dokumen luar negri yaitu sebagai berikut:

Dokumen Administratif

1.Hasil sarana audit distribusi

2.Sertifikat bukti produk memiliki kualitas bersetandar internasional

3.Surat penunjukan dari perusahaan di luar negri kepada importir atau distributor

4.Sertifikat kesehatan atau sertifikat bebas jual

5.Khusus importir minum beralkohol,harus disertai siup dan angka pengenal impor(API)

6.Pendaftaran elektronik,melampirkan akta notaris pendirian perusahaan

Dokumen Teknis

1.Daftar bahan yang digunakan

2.Proses produksi

3.Hasil uji laboratirium terbaru

4.Informasi tentang masa simpan

5.Informasi tentang kode produksi

6.Rancangan label

7.Foto produk menampilkan keterangan label

8.Terjemahan lebel selain bahasa inggris dari penerjemahan tersumpah

Jadi itu semua persyaratan yang harus di penuhi dalam p angan olahraga nasional dan harus di registrasi oleh pihak BPOM serta surat kuasa untuk melakukan pendaftaran pangan jika di perlukan dalam negri atau pun di luar negri dan apabila pendaftaran online harus disertai nomor wajib pajak  dan akta notaris pendirian perusahaan.

Biaya Izin Edar Di Indonesia

Biaya sertifikasih yang di berikan oleh BPOM adalah Rp.100,000,00 sampai dengan Rp.2.000,000,00.Pemerintah telah menetapkan harga untuk izin edar tersebut dengan harga seratus ribu sampai dengan harga dua juta dan pemerintah telah menatapkan dalam pasal 106 undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan,bahwa setiap masyarakat yang berjualan harus memiliki izin edar terlebih dahulu sebelum membuka perusahaan atau semacamnya yang di edarkan dan hanya dapat di edarkan apabila sudah di izin kan oleh BPOM,Hal ini disampaikan oleh Muhamad Bagir selaku pemeriksa penyelidikan sertifikasi dan layanan informasi konsumen di BPOM dan pemerintah menegaskan pelaku usaha  obat-obatan,kosmetik,dan lain-lain.semua pengusaha atau yang berwira usaha wajib memiliki izin edar dari BPOM,Ancaman bagi orang yang tidak memkai izin edar dan lalu menjualnya dengan sembarangan maka dapat berjerat penjara 15 tahun dan denda paling banyak sebesar 1,5 M berdasarkan ketentuan dalam pasal  197 UU tahun 2009 tentang kesehatan yang di tegaskan oleh pemerintah.

Namun,jika pemerintah atau BPOM menemukan wirausaha atau pengusaha yang lagi berjualan dan tidak memiliki izin edar maka akan di tangkap dan dibina oleh pemerintah atau BPOM,tetapi produk langsung di musnakan oleh pemerintah di tempat.

Tetapi,setelah dilakukan pembinaan dan ia melakukan lagi menjual produk tanpa izin edar maka akan di proses hukum atau di penjara,oleh sebab itu BPOM sangat membantu untuk memilih makanan untuk kesehatan masyaraka setempat dan BPOM membantu masyarakat yang sedang kesulitan untuk mendaftar izin edar yang lagi melakukan pendaftaran.

Jika setelah mendaftar akan di kenakan biaya sebesar kisaran seratus ribu sampai dengan 2 juta sesuai PP no 32 tahun 2017,tuturnya.

Pemerintah yaitu muhammad bagir menambahkan, jika masyarkat ingin konsultasi dapat menghubungi ULPK (Unit Layanan Pengaduan Konsumen),call center 62+ 812 7929 9986.pemerintah akan selalu mengasih layanan terbaik bagi anda yang mau mendaftar izin edar supaya anda bebas berdagang dan berwirausaha di Indonesia.

Undang-undang kosmetika di Indonesia

Peraturan yang di buat oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI nomor HK.03.1.23.12.11.10052 TAHUN 2011 tentang pengawasan produksi dan peredaran kosmetika.

Peraturan yang sudah di terapkan atau di tetapkan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia Nomor  1176/Menkes/Per/Viii/2010 Tentang Notifikasi Kosmetika.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2010. Peraturan yang di terapkan atau yang sudah di buat kepada badan pengawas dan kesehatan republik indonesia  dan tidak boleh menjahui dari peraturan tersebut HK.03.1.23.12.10.11983 Tahun 2010 Tentang Kriteria dan Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Bada Pengawas Obat dan Makanan Nomor HK.03.1.23.12.10.11983 Tahun 2010 Tentang Kiteria dan Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2003. Keputusan Kepala BPOM RI nomor HK.00.05.4.1745 tentang Kosmetik tahun 2003.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia berikut peraturan yang di terapkan. Peraturan Kepala BPOM RI No.HK.00.05.42.2995 Tentang Pengawasan Pemasukan Kosmetika agar aman memakainya.

UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 62 ayat (1)

UU No.36 tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 196

UU No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Pasal 197

Menurut badan pengawas obat dan makanan pada tahun2017,SINERGISTAS BADAN POM DAN DINKES PROV/KAB/KOTA DALAM MENINGKATKAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN dan KESEHATAN BAGI MASYARAKAT Indonesia.

Persyaratan izin import kosmetika Di Online

Untuk melakukan penjualan import kita harus ada izin terlebih dahulu dari pihak bpom.berikut adalah contoh untuk mendapatkan persyaratan izin import kosmetika di online.

1.Anda harus user name dan pasword melalui situs online bpom

  1. 2. secara online maka anda masukan user id dan passwordnya kemudian klik masuk (Kemudian klik Registrasi tombol hijau)kalau anda ingin mendaftarkan perusahaan anda di bagian kosmetika BPOM atau kalau anda sudah mendaftarkan perusahaan anda (tombol Merah)
  2. Isilah semua data-data yang ada di dalam formulir registrasi perusahaan. Jangan lupa harus mengisi alamat email perusahaan dan email direktur utama perusahaan di dalam formulir pendaftaran online notifkos bpom, scan ktp direktur utama, scan npwp perusahaan dan surat pernyataan komisaris atau direktur tidak pernah terlibat dalam tindak pidana dibidang kosmetik. Inilah contoh surat keterangan tidak pernah terlibat tindak pidana kosmetik
  3. Setelah anda mengisi semua data-data perusahaan dan surat pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pidana kosmetika harus dalam file pdf, kemudian anda pilih menu gudang (disamping menu registrasi perusahaan) yang sudah anda isi data-datanya
  4. Isilah semua data gudang anda kemudian submit (tombol merah) kemudian anda centang saya setuju dan klik register (tombol merah) setelah itu tunggulah account anda sampai di verifikasi oleh staff BPOM. Jika account anda sudah di verifikasi maka anda bisa menggunakan user name dan pasword yang telah di buat sendiri
  5. Simpan baik-baik user name dan pasword tersebut. Inilah contoh dashboard account anda apabila sudah di verifikasi
  6. Langkah awal adalah anda memilih menu administrasi website dan klik : Kelola Sub Account
  7. Klik tambah kelola sub account(warna biru)
  8. Silahkan isi data-data pengelola administrasi website notifkos bpom. Pastikan karyawan anda yang terpercaya dan memang bagian online bpom. Emailnya juga harus menggunakan email karyawan anda. Setelah semua data di isikan dengan benar maka selanjutnya klik aktif (tombol hijau) maka akan keluar seperti dibawah ini
  9. Setelah selesai mendaftarkan staff anda yang akan di tunjuk untuk mengelola administrasi website notifkos bpom maka langkah selanjutnya adalah sign out dan silahkan gunakan user name dan pasword milik staff anda untuk upload produk kosmetik yang akan anda daftakan ke BPOM

Jadi itu saja yang kita lakukan agar kita bisa menjual barang import.

 

 

 

 

Kalau ada yang perlu di tanya lagi silahkan masuk ke link ini,Trimakasih

Leave a Comment